Larangan Berjilbab di Indonesia

July 29, 2008 at 9:05 am 6 comments

JAMINAN KEMERDEKAAN BERAGAMA DALAM UUD & UU

  1. UUD 1945 Pasal 28E, ayat (1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, ayat (2) Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap sesuai dengan hati nuraninya.
  2. UUD pasal 29 ayat (2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
  3. UU No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Pasal 22 ayat (1) Setiap orang bebas memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Pasal 22 ayat (2) Negara menjamin kemerdekaan setiap orang memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
  4. UU No. 12 Tahun 2005 Tentang Pengesahan Kovenan Internasional Tentang Hak-Hak Sipil dan Politik pasal 18. (1) Setiap orang berhak atas kebebasan berfikir, berkeyakinan dan beragama. Hak ini mencakup kebebasan untuk menganut atau menerima suatu agama atau kepercayaan atas pilihannya sendiri, dan kebebasan, baik secara individu maupun bersama-sama dengan orang lain, dan baik di tempat umum atau tertutup, untuk menjalankan agama atau kepercayaannya dalam kegiatan ibadah, ketaatan, pengamalan dan pengajaran. (2)Tidak seorang pun boleh dipaksa sehingga mengganggu kebebasan nya untuk menganut atau menerima suatu agama atau kepercayaannya sesuai dengan pilihannya.

Di negara kita, Indonesia, walapun kebebasan beragama telah diatur di dalam UUD dan UU, namun masih ada saja pengekangan terhadap kebebasan beragama. Hal ini terjadi khususnya terhadap kaum wanita, dimana beberapa perusahaan secara tertulis maupun tidak, melarang pekerja wanita (muslim) menggunakan jilbab di tempatnya bekerja.

Larangan memakai jilbab ini ada yang bersifat tetap ada juga yang bersifat sementara (hanya berlaku jika karwayati masih dalam status kontrak).

Hal ini tentu saja tidak dapat dibiarkan terus terjadi, jika Anda tidak setuju dengan adanya larangan pemakaian jilbab ditempat kerja maka bertindaklah mulai dari sekarang, sampaikan dengan cara yang baik kepada pimpinan Anda jika pada perusahaan tempat Anda bekerja masih memberlakukan peraturan “tidak boleh berjilbab”, namun jika Anda tidak memiliki keberanian untuk itu, cukup tuliskan pendapat/pandangan Anda terhadap hal ini di bagian komentar. Terimakasih.

Entry filed under: Hak Asasi. Tags: , , , .

Vakum Ngeblog! WordPress Theme Changer & Showcase Plugin

6 Comments Add your own

  • 1. Hamba Allah  |  July 29, 2008 at 9:23 am

    Betul itu, apalagi yang nama nya administrasi. Padahal dg jilbab wanita akan terlihat lebih anggun “Kaya doi gw :D”.

    Reply
  • 2. Frieyadie  |  July 29, 2008 at 9:24 am

    Kalau memakai Jilbab dilarang, berarti yang melarang itu merupakan “Pelanggaran Hak Azasi Manusia”, bisa disebut sebagai kejahatan yang sangat berat Hukumanya :
    1. di Dunia -> Hukuman Mati
    2. di Akhirat -> Hukuman Masuk Neraka Jahanam

    Reply
  • 3. infogue  |  July 29, 2008 at 10:51 am

    padahal meskipun pake jilbab kita tetep rapi & trendi koq dan gag kalah ama yang gag pake jilbab…

    Reply
  • 4. jayengbaya  |  July 29, 2008 at 12:46 pm

    setuju

    Reply
  • 5. Ahmad Nasiruddin  |  August 24, 2008 at 7:38 pm

    yang ngelarang pakai jilbab itu OTAKNYA ADA DIMANA Y?mungkin OTAKNYA SAMA UPILNYA MASIH GEDE UpilNYA KALI YA?!

    Reply
  • 6. aminah  |  November 10, 2008 at 9:29 am

    aduh… hari gini aja masih terjadi pelarangan untuk memakai jilbab????

    hal ini dialami sama saudara saya sendiri Wineu Mandela yang bekerja di RS Mitra Keluarga Bekasi dia dipecat hanya karena menggunakan jilbab sewaktu bekerja

    padahal menggunakan jilbab tidak ada kaitannya dengan kualitas kerja seseorang, bahkan pasien yang mayoritas umat islam di RS tersebut malah akan lebih senang karena dengan jilbab wanita akan lebih terlihat rapih.

    Saya heran dengan pemerintah kenapa berdiam diri mengenai hal ini?walaupun negara kita bukan negara islam paling tidak bangsa kita mayoritas beragama islam, dan saya yakin yang duduk di DPR MPR itu meyoritas muslim, Koq ga ada kepeduliannya tentang hal ini!!!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Republik Batik

Posting Terakhir

Blog Stats

  • 18,043 hits

%d bloggers like this: